Akhirnya Internet Move On dari First Media, Pindah ke MNC Play

Update 15-12-2018: Review Internet MNC Play 2018 setelah setahun digunakan.

Dari 2008 saya berlangganan First Media dimana awalnya hanya internet lalu jadi ikut bertambah layanan lengkap TV kabelnya.

First Media adalah perusahaan penyedia jasa layanan internet pita lebar dan merupakan anak perusahaan Lippo Group. First Media sebelumnya bernama PT Broadband Multimedia Tbk.

Dari dahulu kala, saya sudah tahu download rate dari First Media stabil, bagus dan jarang bermasalah dan upload rate dari First Media jelek karena perbandingan 10:1 antara download dan upload.

Semenjak 2016 - 2017 mulai berubah, saya beberapa kali mengalami kelemotan ketika mengakses website, namun hal tersebut masih bisa saya tolerir.

Toleransi tersebut akhirnya mencapai puncaknya saya sering melakukan upload video belakangan ini, saya merasa frustasi atas upload rate First Media. Upload video sebesar 1,76 GB membutuhkan waktu lebih dari 9 jam.

Pada 17 November 2017 akhirnya saya move on dan pindah ke MNC Play sebagai internet provider yang kebetulan sedang ada promo di daerah rumah saya.

Begitu saya coba testing upload, file sebesar 4 GB bisa selesai kurang dari satu jam untuk upload. Padahal dengan paket harga yg mirip pakai First Media upload 1.76GB butuh lebih dari 9 jam. Jauh lebih cepat internet MNC Play dengan harga yang relatif mirip.

Gambar upload video ke youtube pakai internet MNC Play

Sedangkan berikut hasil ping terhadap google.com.

Gambar ping google.com internet MNC Play

MNC Play (sebelumnya bernama MNC Play Media) merupakan perusahaan penyedia televisi kabel dan internet pita lebar berbasis serat optik milik MNC Media melalui anak usahanya, MNC Kabel Mediacom.

Dengan MNC Play harga lebih murah hampir 50%, First Media sebulan Rp 555.800, sedangkan harga promo MNC Play selama setahun Rp 279.510

Selain itu download serta upload rate yang lebih bagus dan sama - sama diberi akses TV Kabel. Bedanya MNC Play menyediakan MNC Play Wifi untuk koneksi internet wifi, sedangkan First Media harus membeli sendiri.

Untuk TV Kabel sayangnya belum ada splitter sehingga untuk akses TV Kabel diperlukan akses internet, berbeda dengan First Media. Selain itu, kualitas gambar TV Kabel MNC Play kalah jauh dibandingkan First Media.

Berhubung yang saya butuhkan internet, maka boleh dibilang saya tidak peduli dengan kualitas TV Kabel. Lebih sering nonton Netflix jika sedang ingin nonton film.

Jika suatu hari ternyata ada internet provider yang lebih baik dari MNC Play, ya tinggal ganti lagi. Enaknya banyak perusahaan sebagai jasa internet membuat konsumen seperti saya tinggal memilih mana yang bagus.

Bagaimana dengan Indihome? MNC Play vs Indiehome Lebih bagus Mana? Jawabannya tentu lebih bagus MNC Play.

Indihome merupakan penyedia internet yang saat ini saya hindari sebisa mungkin. Alasannya terlalu banyak yang diblokir dan menyusahkan pekerja IT seperti saya, misal port SSH di blok, sering inject iklan, Netflix juga di blok.

Terakhir, saran untuk First Media, untuk layanan internetnya menurut saya sebaiknya jangan hanya fokus ke download saat promo, fokus juga upload. Saat ini video merupakan hal yang lumrah di Internet dimana ukuran file video biasanya besar sehingga perlu upload rate yang baik agar mudah untuk sharing video.


MNC Play Customer Care Call Center 24 Jam Jakarta

  • Alamat: MNC Tower, Lantai 10, 11, 12A, Jl. Kebon Sirih No. 17-19, Gondangdia, Jakarta Pusat
  • Telepon: 1500121
  • Telepon lainnya: (021) 30014 121
  • Telepon lainnya (Mobile): 0811 1014 121
  • Email: ccare.mncplay@mncgroup.com

Update 15-12-2018: Review Internet MNC Play 2018 setelah setahun digunakan.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru