Pentingnya Punya Kasir

bisnisnya kunto aji

Alkisah, saat membaca buku bisnis saya dahulu sudah mengetahui perlunya pemisahan antara orang yang bekerja dan yang terima duit (kasir) untuk transaksi agar pekerja tersebut tidak korupsi.

Saat menjalankan usaha bersama partner saya, saran tersebut saya abaikan karena terkait belum dapat orang. Selain itu juga masih yakin bahwa para pekerja jujur.

Namun sepertinya saya salah, ada korupsi terjadi, kecil tapi sering. Kecurigaan ini muncul karena laporan dan yang terlihat di CCTV berbeda.

Belakangan partner saya mendapatkan orang yang bisa dipercaya sebagai kasir dan baru dicoba beberapa hari langsung ketahuan bagaimana korupsi tersebut di usaha yang saya jalankan bersama partner saya.

Berdasarkan pengamatan jumlah korupsi yang dilakukan, potensi kerugian yang terjadi sekitar 50%-100%. Jika tidak dikorup, omset bisa dua kali lipat dan balik modal sekaligus profit dalam dua tahun. Karena dikorup, dalam dua tahun hanya kembali 50%.

Langkah selanjutnya kemungkinan besar pekerja diganti. Kebetulan juga harus pindah lokasi, jadi tidak masalah ketika mengganti seluruh pekerja.

Walaupun ekspektasi saya 3-4 tahun lagi baru balik modal dan profit, namun harapan saya ditempat baru dalam dua tahun bisa balik modal dan profit mengingat tempat baru lebih premium lokasinya dan sudah memiliki kasir untuk menjaga kebocoran.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru