Esim Indosat - Internet Prabayar vs Pascabayar

Gambar Esim Indosat

Tahun 2023 Indosat mulai support Esim dimana kita dapat memiliki nomor Indosat tanpa perlu pasang Sim card. Sehingga dalam satu ponsel, bisa memiliki lebih dari satu nomor telepon.

Selain itu, dengan Esim di iPhone dapat memilih nomor mana yang digunakan saat telepon dengan kontak yang kita simpan. Misal kontak A kita pasang dengan nomor yang ada di Sim card, kontak B kita pasang dengan nomor Esim.

Saya tertarik menggunakan Esim untuk nomor Pascabayar Indosat saya.

Untuk pindah ke Esim, nomor Prabayar dapat menggunakan Galeri Indosat manapun, namun nomor Pascabayar Indosat hanya bisa diurus di Galeri Indosat cabang tertentu. Saya pilih Galeri Indosat cabang Pondok Indah Jakarta Selatan.

Saat antri saya, saya coba membandingkan kecepatan internet Internet Indosat. Nomor Prabayar Indosat ada pada iPhone dan nomor Pascabayar Indosat ada pada iPad. Hasilnya bikin kaget.

Yang pertama bikin kaget adalah tidak menyangka kecepatan internetnya setara internet fiber optik.

Gambar Internet Indosat Prabayar

Seperti terlihat gambar diatas, Internet Indosat Prabayar tembus 40 Mbps. Hal ini memang jaringan Indosat Prabayar yang kencang atau bisa jadi karena jaringan Indosat prabayar sedang sepi sehingga lancar.

Hal kedua yang bikin kaget adalah Internet Pascabayar Indosat memiliki kecapatan 2x lipat dibandingkan Internet Prabayar Indosat.

Gambar Internet Indosat Pascabayar

Pada gambar diatas Internet Indosat Pascabayar tembus 83 Mpbs, ini mirip dengan kecepatan internet fiber optik yang saya pasang di rumah.

Saat Esim selesai terpasang pada iPhone saya, saya coba lagi membandingkan kecepatan Internet Indosat Prabayar vs Pascabayar, hasilnya sama kecepatan internet Indosat Pascabayar lebih cepat 2x lipat.

Kenapa internet Indosat Pascabayar lebih cepat. Berikut beberapa analisa saya.

  1. Jaringan internet Pascabayar Indosat memiliki jaringan khusus yang terpisah dengan internet Prabayar Indosat. Karena punya jaringan khusus, isi jaringan lebih sepi, alhasil lebih cepat.
  2. Jaringan internet Pascabayar Indosat punya bandwidth yang lebih besar dibandingkan internet Prabayar Indosat.
  3. Paket-paket yang dikirimkan oleh internet Pascabayar Indosat memiliki prioritas yang lebih besar dibandingkan Prabayar.

Analisa saya selain Indosat nomor Pascabayar juga memiliki kecepatan internet yang lebih cepat dibanding Prabayar. Untuk yang butuh internet kencang, sangat direkomendasikan menggunakan nomor Pascabayar.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru