Pilih Beli Mobil Baru atau Bekas? 6 Alasan Kenapa Saya Pilih Mobil Baru

Gambar lampu depan mobil Honda Mobilio Putih

Saya dari dulu selama bertahun-tahun selalu pilih mobil bekas karena berpikir mobil bekas lebih murah dan harga mobil turun terus setiap tahun / depresiasi.

Tahun 2021 saya mencoba membeli mobil baru Honda dan alhasil pandangan saya terhadap mobil bekas berubah. Saya berubah pikiran yang tadinya mending beli mobil bekas, sekarang mending pilih mobil baru. Berikut beberapa alasannya.

1. Tidak Khawatir Ada Bagian Yang Mendadak Rusak

Walaupun terawat, pengalaman saya menggunakan mobil bekas ada saja bagian yang mendadak perlu diganti. Setiap beberapa bulan sekali pasti ada keluar uang mendadak, entah karena rusak di jalan atau sewaktu lagi di bengkel ada spare part / suku cadang yang perlu diganti.

Terkait kerusakan mobil, pengalaman buruk yang pernah saya alami adalah adalah AC dan radiator bermasalah. Beberapa kali terjadi AC bermasalah misal karena mendadak tidak dingin atau spare part / suku cadang perlu diganti. Di hari yang lain radiator bocor di tengah jalan dan temperatur mesin naik.

Biaya ganti spare part juga tidak sedikit, misal dulu saya pernah ganti kaki-kaki mobil menghabiskan total hingga 18 juta rupiah.

2. Hemat Waktu

Karena hal-hal yang mendadak rusak tidak terjadi, otomatis hemat waktu dan semua berjalan sesuai rencana.

Sebagai contoh, pengalaman saya dulu radiator bocor dan perlu diperbaiki makan waktu hingga lebih dari 6 jam. Agenda pada hari itu buyar semua.

3. Diberi Alat Pemadam Kebakaran dan P3K

Saya baru tahu mobil baru Honda diberi alat pemadam kebakaran dan P3K.

Gambar alat pemadam kebakaran honda

4. Garansi

Selama 3 tahun, Honda memberikan garansi. Misal mogok tengah jalan, akan ada gratis derek. Contoh lainnya kamera belakang rusak, selama belum 3 tahun maka gratis diganti.

Kalau lebih dari 3 tahun tetap bisa dilayani, namun akan dikenakan biaya. Call center Honda jika terjadi sesuatu terhadap mobil dapat dikontak melalui 0800-14-46632 (bebas pulsa).

5. Irit Bensin

Dibandingkan mobil bekas yang pernah saya pakai, teknologi mesin baru yang lebih bagus membuat bensin lebih irit. Karena irit bensin, otomatis hemat uang bensin.

6. Tidak Perlu Ganti Suku Cadang Selama 3 hingga 5 Tahun

Jika semua suku cadang saat beli normal dan pemakaian standar juga, seharusnya 3 hingga 5 tahun tidak perlu ada spare part / suku cadang yang diganti. Secara tidak langsung mengurangi pengeluaran hal-hal yang tidak terduga.

Kesimpulan

Beli mobil baru walaupun lebih mahal dibandingkan mobil bekas, namun menurut saya lebih memberi ketenangan batin. Kekuatiran jika ada yang mendadak rusak jauh berkurang.

Perawatan rutin setiap 10 ribu KM atau 6 bulan sekali cukup untuk mobil baru dan karena mobil baru seharusnya tidak ada yang perlu diganti hingga 3-5 tahun kedepan. Harga lebih mahal namun tidak ada pengeluaran spare part / suku cadang hingga 3-5 tahun serta memberi ketenangan jiwa menurut saya sangat sebanding / worthed.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru