Spyware Pegasus

Efek Spyware Pegasus

Saat tulisan ini ditulis, sedang ramai spyware berharga jutaan dollar Amerika bernama Pegasus yang dibuat oleh perusahaan Israel bernama NSO Group. Awal kemunculan Pegasus sebenarnya sejak tahun 2016, namun tim investigasi yang terdiri berbagai media membuat nama Pegasus mencuat.

Hal ini dikarenakan Pegasus digunakan untuk memata-matai aktivis, jurnalis, hingga pengacara yang menjadi target oleh negara yang membelinya.

Sekali spyware Pegasus ini berhasil terinstall ke gadget korban, memungkinkan mengakses semua hal termasuk chat Whatsapp, album foto, kontak, SMS, hingga riwayat browsing internet seperti pada gambar. Bahkan dapat mengetahui posisi seseorang karena Pegasus dapat mengakses GPS gadget si korban.

Pegasus memanfatkan celah keamanan pada sistem operasi dan aplikasi yang di-install pada gadget korban. Pada tahun 2019, Pegasus bahkan dapat terinstall dengan memanfaatkan panggilan telepon Whatsapp, walaupun panggilan Whatsapp terebut tidak dijawab.

Lalu bagaimana agar aman dari Pegasus? Jawaban singkat: tidak bisa.

Berdasarkan yang saya baca NSO Group memiliki banyak simpanan celah keamanan 0days atau celah keamanan yang belum bisa ditambal sehingga banyak jalan yang dapat digunakan Pegasus.

Menurut saya dapat kita lakukan untuk meminimalisir adalah selalu pakai gadget yang support iOS dan Android versi terbaru. Aplikasi jadul ada kemungkinan celah keamanan belum ditutup sehingga dapat dimanfaatkan Pegasus.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru