Rekomendasi Tempat Sedekah dan Zakat Online Terpercaya

Ilustrasi penyaluran sedekah dan zakat

Bulan Ramadan adalah bulan terbaik untuk banyak bersedekah. Saat ini ada banyak tempat untuk menyalurkan sedekah dan zakat secara online. Berikut ini adalah tempat rekomendasi saya untuk melakukan sedekah dan zakat online karena faktor program-program yang ditawarkan Masjid dan konten yang disebarkan.

Wakaf Salman

Wakaf Salman menurut saya merupakan salah satu tempat terbaik terkait donasi dan zakat online secara program maupun secara implementasi teknologi. Selain daftar program yang diberikan banyak dan bagus, juga integrasi teknologi dengan layanan pembayaran, WhatsApp dan email sangat memudahkan.

Wakaf Salman Merupakan Lembaga Pengelolaan Wakaf yang telah terdaftar pada Badan Wakaf Indonesia dengan No Nazhir 3.3.00170 dan telah meraih penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) Berdasarkan Laporan Auditor Independen Nomor 00017/2.0431/AU.2/11/0198-1/1/IV/2021 sesuai SAK - ETAP.

Saat ini Wakaf Salman terpantau belum menerima pembayaran zakat, hanya donasi dan wakaf saja.

Yayasan Peduli Anak

Selanjutnya adalah yayasan Peduli Anak. Selain kita dapat membayar zakat disini karena anak-anak yang diasuh termasuk Dhuafa, kita juga dapat melakukan sponsor terhadap anak. Misal per bulan membiayai biaya pendidikannya.

Setahu saya juga jumlah anaknya tidak banyak, jika ada anak yang perlu diberi sponsor lebih baik segera beri sponsor terhadap anak tersebut sebelum direbut yang lain.

Selain itu secara penerapan teknologi juga menurut saya bagus, kita tidak perlu konfirmasi manual lagi dan jika memberi sponsor terhadap seorang anak, per bulannya otomatis dapat dipotong.

Pesantren Darush Sholihin

Pesantren Darush Sholihin adalah pesantren masyarakat yang memberikan pendidikan agama dan kegiatan sosial pada masyarakat sekitar. Ada yang bentuknya TPA dan pengajian umum dari anak-anak, remaja, dewasa hingga sepuh.

Pesantren ini dibina oleh Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. dimana beliau juga penulis dari situs islam Rumaysho.

Pesantren Darush Sholihin selain menerima sedekah dan zakat, juga menerima dana riba untuk disalurkan terkait fasilitas umum. Selain itu juga mengelola masjid-masjid di Indonesia timur seperti Maluku dan NTT dibawah Yayasan Darush Sholihin.

Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan merupakan masjid di Jogja yang terkenal selalu saldo kas masjid yang selalu nol karena disalurkan seluruhnya. Saya pernah dengar bahkan yang kehilangan barang seperti sandal dan motor diganti 100% oleh pihak Masjid.

Masjid Jogokariyan dapat menerima sodaqoh dan zakat. Pada website-nya tidak ada informasi tentang tata cara sedekah dan zakat, saya sendiri mendapatkan informasinya melalui Twitter Masjid Jogokariyan.

Yufid TV

Banyak video-video Yufid TV di Youtube yang bermanfaat dan sesuai sunnah. Untuk informasi donasi dapat dilihat melalui halaman Donasi Yufid.TV. Sejauh ini saya belum tahu apakah menerima Zakat.

Yayasan Ustadz Khalid Basalamah

Salah satu Ustadz favorit saya dan video-video Ustadz Khalid Basalamah di Youtube sangat banyak bermanfaat bagi saya pribadi. Untuk informasi tentang donasi dapat dilihat pada video-nya atau pada website Ustadz Khalid Basalamah. Sama seperti Yufid, sejauh ini saya belum tahu apakah menerima Zakat.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru