Basecamp

Basecamp project management

Pada postingan sebelumnya, saya menggunakan Github Project dan Apple Notes untuk mempermudah pekerjaan saya sebagai Tech Lead di Tiket.com.

Tiket.com menggunakan JIRA sebagai project management, tetapi untuk kebutuhan pribadi, saya Github Project sebagai To-Do List. Selain itu juga menggunakan Confluence untuk dokumentasi, tetapi sekali lagi terkait kebutuhan pribadi, saya menggunakan Apple Notes.

Beberapa Kendala Github Project dan Apple Notes

Setelah beberapa minggu menggunakan Github Project dan Apple Notes saya mengalami beberapa kendala.

Github Project memiliki batas karakter, sehingga mempersulit saya ketika satu To-Do butuh banyak karakter sebagai deskripsi.

Apple Notes memiliki kendala ketika saya menyimpan sintaks atau kode yang akan saya jalankan atau sebagai dokumentasi, karakter petik ganda / double quote formatnya diubah otomatis oleh Apple Notes sehingga saya tidak bisa copy paste ketika butuh menjalankan kode.

Beralih ke Basecamp

Setelah Basecamp.com meluncurkan versi gratis, saya memutuskan mencobanya dan hingga hari ini saya menggunakan Basecamp sebagai project management.

Basecamp memiliki fitur To-dos dimana setiap To-Do bisa memiliki deskripsi yang panjang dibandingkan dengan Github Project. Selain itu juga memberikan dukungan untuk menuliskan sintaks atau kode pada deskripsi masing-masing To-Do sehingga memudahkan copy paste ketika dibutuhkan.

Fitur lain Basecamp adalah Docs & Files sehingga saya tidak perlu lagi menyimpan pada Google Docs atau Apple Notes untuk menyimpan catatan.

Fitur lainnya yang berguna untuk kebutuhan saya adalah Schedule dan Email Forwards.

Fitur Schedule memudahkan saya set jadwal meeting dan dihubungkan dengan Google Calendar. Sedangkan Email Forwards memudahkan saya untuk menyimpan email-email penting dan mencarinya jika dibutuhkan.

Basecamp juga memiliki fitur-fitur lain selain keempat fitur yang telah saya gunakan, namun saya matikan karena tidak dibutuhkan. Misal fitur Campfire untuk chatting tidak saya gunakan karena Tiket.com menggunakan aplikasi Slack.

Hingga tulisan ini ditulis saya masih menggunakan Basecamp. Selain untuk kebutuhan pekerjaan, saya juga menggunakan Basecamp untuk project pribadi yaitu Catetin dan KAK Labs.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru