Transaksi Harbolnas 2018 Barang Tidak Dikirim, Kapok Belanja JD.ID

Harga sepatu Nike Flyknit Racer Oreo 2.0 - Grey

Sebelum Harbolnas pada bulan Desember 2018 saya sering belanja JD.ID, namun menjadi kapok belanja di JD.ID semenjak pembelian barang Hari Belanja Online Nasional / Harbolnas 2018 tidak dikirimkan.

Pada Harbolnas 2018 saya berhasil beli sepatu Nike NIKE Flyknit Racer Oreo 2.0 Abu - Abu sebesar 5 jutaan hanya seharga 12 ribu rupiah.

Namun transaksi tersebut ada yang aneh dan tidak biasa seperti sebelum - sebelumnya.

Kecurigaan awal saya muncul saat melihat detil pemesanan.

Biasanya barang yang saya beli di JD.ID perlu waktu paling cepat satu hari, namun di detil pemesanan Harbolnas tertulis pemesanan dianggap selesai hanya dalam waktu 1 jam 2 menit padahal barang sepatu Nike Flykit Racer Oreo 2.0 tersebut belum saya terima.

Detil pemesanan harbolnas JD.ID

Kecurigaan selanjutnya di status pengiriman tertulis “Pesanan Anda sedang menunggu pengiriman”.

Statusnya menunggu pengiriman, tapi kenapa di status pemesanan sudah dianggap selesai?

Status pengiriman harbolnas JD.ID

Setelah beberapa minggu saya tunggu sepatu Nike belum juga tiba, saya mencoba kontak via telapon namun hanya diterima mesin penjawab bahwa pemesanan Harbolnas sedang diproses.

Mencoba kontak melalui chat Customer Service juga tidak ada kejelasan.

Per tulisan ini ditulis pada tanggal 17 Juli 2019 saya masih juga belum menerima pembelian barang sepatu Nike hasil Harbolnas.

Berhubung terlalu boros waktu dan tenaga untuk mengurus transaksi ini, sepertinya saya ikhlaskan saja 12 ribu saya.

Kurang lebih garis waktu transaksi Harbolnas JD.ID saya seperti ini:

  1. 12 Desember 2018 JD.ID mengadakan Harbolnas.
  2. Saya berhasil membeli sepatu Nike seharga 12 ribu dan uang berhasil ditransfer.
  3. Status pemesanan saya dianggap selesai dan barang diterima padahal sepatu belum saya terima.
  4. Status pengiriman tertulis “Pesanan Anda sedang menunggu pengiriman”, namun di menu pemesanana dianggap selesai.
  5. Setelah menunggu beberapa minggu karena belum terima barang, mencoba telepon JD.ID namun hanya diterima mesin penjawab.
  6. Mencoba chat dengan Customer Service tidak mendapatkan kejelasan.
  7. Pasrah dan ikhlas kehilangan 12 ribu rupiah.

Meskipun saya mengalami kerugian yang boleh dibilang nilainya kecil hanya 12 ribu rupiah, namun JD.ID telah kehilangan kepercayaan saya untuk belanja disana.

Semenjak kejadian Harbolnas 2018 saya belum pernah belanja lagi di JD.ID, semenarik apapun dan semurah apapun harganya.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru