Setelah Beli Flickr Pro, Malah Hapus Hampir 28 Ribu Foto

Saya selama ini menggunakan Flickr sebagai tempat backup foto dan video karena Flickr menyediakan kapasitas 1 TB bagi pengguna gratisnya.

Namun setelah dibeli oleh SmugMug, monetasi Flickr berubah dan tidak lagi menyediakan kapasitas gratis 1 TB dan membatasi pengguna gratis sebanyak seribu foto.

Flick Pro Kunto Aji

Pengguna gratisan Flickr diberikan waktu hingga Februari 2019 untuk memindahkan foto dan video atau berlangganan Flickr Pro agar mendapatkan kapasitas penyimpanan tidak terbatas.

Kurang lebih timeline dari Flickr yang baru seperti berikut:

  • Setelah 8 Januari 2019 pengguna gratis tidak lagi bisa unggah foto atau video ke Flickr.
  • Setelah 5 Februari 2019 pengguna gratis yang memiliki seribu foto atau video akan dihapus dimulai dari yang terlama dan disisakan seribu foto atau video terbaru.

Masalah utama bagi saya adalah sebagai pengguna gratis Flickr saya memiliki hampir 28 ribu foto yang sudah diunggah di Flickr. hehe. :))

Saat tulisan ini ditulis masih tersisa 24 ribuan foto dan seribuan video. Total masih harus memindahkan 25 ribuan foto dan video dari Flickr.

Flick Kunto Aji 28 ribu foto

Flick Kunto Aji detil

Dalam rentang waktu tersebut terlalu sempit untuk saya memindahkan semua foto. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli Flickr Pro selama setahun.

Kenapa saya beli setahun dan bukan per bulan? Karena saya beli waktu. Untuk memindahkan foto sebanyak itu saya butuh waktu berminggu - minggu karena tidak setiap hari saya sempat ngurus Flickr.

Flick Pro setahun dikenakan biaya $49.99 dan pada sampai 30 November 2018 diskon 30%. Sebagai gantinya saya menggunakan alternatif penyimpanan foto yang menurut saya lebih murah.

Alternatif Penyimpanan Foto

Harddisk External

Untuk fotografer harga Flickr Pro menurut saya pas, tapi tidak pas untuk pengguna kasual seperti saya.

Harga $49.99 saya bisa untuk beli harddisk external terbaik dengan merek Seagate atau Western Digital / WD minimal dengan kapasitas hard disk setidaknya 1TB. Jadi lebih baik dibelikan harddisk external dan pindahkan sebagian besar foto di Harddisk eksternal.

iCloud Drive

Selain itu saya juga berlangganan iCloud Drive Rp. 15.000 sebulan dengan kapasitas 50 GB. iCloud Drive saya gunakan untuk foto atau file yang sering saya akses.

Foto dan video dapat diakses melalui fitur Photos bawaan dari produk Apple seperti iPhone, iPad dan Macbook.

Backup

Tidak semuanya muat disimpan di iCloud Drive, jadi perlu disimpan pada Harddisk Eksternal. Masalahnya, harddisk eksternal ada kemungkinan rusak. Oleh sebab itu saya menggunakan dua jenis backup yaitu Time Machine dan backup di cloud dengan Backblaze.

Time Machine

Time Machine adalah fitur bawaan bagi pengguna Mac untuk backup dan pemulihan data. Cukup sediakan hardisk external dengan kapasitas 1 Terabyte, bisa backup dan memulihkan data tanpa koneksi internet.

Backblaze

Nah masalahnya hard disk eksternal yang berisi backup Time Machine ada kemungkinan rusak juga, oleh sebab itulah saya menggunakan Backblaze untuk melakukan backup di Cloud. Dengan begitu saya bisa tenang semua foto dan semua file penting tidak hilang baik di Laptop atau harddisk external.

Harga Backblaze kurang lebih mirip dengan Flickr Pro, yaitu $50 setahun bisa backup dengan kapasitas tidak terbatas.

Saya sudah beberapa bulan menggunakan Backblaze beberapa bulan ini dan sejauh ini memumaskan. Backup dengan Backblaze bisa dilakukan terhadap jenis file, berbeda dengan Flickr yang hanya bisa foto dan video.

Tetap Pakai Flickr

Setelah pemindahaan foto selesai, kemungkinan besar saya menggunakan Flickr sebagai pengguna gratisan. Seribu foto menurut saya sudah banyak untuk fotografer kasual seperti saya.

Bagi yang ingin melihat koleksi jepretan saya di Flickr: https://www.flickr.com/photos/kuntoaji

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru