Sejarah Berdirinya Aplikasi Web Catetin

Aplikasi web Catetin

Sekitar November 2011, saya membangun situs Lantakan Emas yang dapat diakses melalui lantakanemas.com. Nama lantakan emas diambil dari tempat toko emas orang tua saya membeli emas batangan antam dimana toko tersebut menyebut emas batangan dengan emas lantakan.

Situs ini pada awalnya saya gunakan untuk jual beli emas secara online dengan modal pas - pasan. Namun sejak mengetahui bahwa jual beli emas secara online ternyata tidak diperbolehkan, saya mulai berhenti jualan emas online dan memikirkan jualan offline.

Singkat cerita, situs lantakanemas.com akhirnya saya jadikan tempat untuk tempat berbagi informasi mengenai harga emas, ekonomi, dan bisnis.

Selain itu di lantakanemas.com tersebut saya juga menyediakan fitur untuk melihat harga emas antam hari ini dan grafik harga jual emas dan harga beli / buy back emas.

Seiring berjalannya waktu, saya melihat masalah dalam transaksi emas batangan ini, yaitu harga awal beli sering hilang atau lupa sehingga tidak tahu pasti berapa keuntungan saat emas dijual.

Berdasarkan masalah itulah saya memiliki ide untuk membuat Catetin yang dapat diakses melalui https://c.atet.in. Pada tanggal 11 Juni 2017 saya mulai development dengan menggunakan Test Driven Development / TDD, pada tanggal 25 Juli 2017 dilakukan deployment ke server Google dan pada tanggal 20 Agustus 2017 saya baru melakukan publikasi.

Sempat kaget karena tagihan server Google per bulannya, akhirnya bisa dioptimasi agar mendapatkan harga lebih murah walaupun harganya masih diatas rata - rata.

Lalu untuk fitur - fitur dari Catetin diantaranya adalah:

  • Pencatatan transaksi emas dan perak
  • Perhitungan keuntungan emas secara otomatis
  • Pencatatan tempat dimana beli emas atau perak sehingga tidak lupa
  • Zakat Emas.
  • Grafik harga jual dan harga beli emas antam, sehingga bisa memantau kapan jual atau beli harga emas Antam.

Per Februari 2018 ini untuk fitur zakat perak dan grafik harga perak belum dibuat karena keterbasan waktu. Belum sempet aja.

Semoga Catetin jadi solusi bagi yang memiliki masalah yang sama. Jangan lupa daftar ya!

via GIPHY

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru