Makan Makanan Sehat dan Rajin Olahraga, Kok Bisa Kena Serangan Jantung?

Ranjan Das, CEO SAP India

Alkisah, pada tahun 2009 Ranjan Das, CEO and MD of SAP for the Indian subcontinent region, meninggal karena serangan jantung setelah melakukan olahraga di Gym.

Padahal Ranjan Das seorang health freak dan bergaya hidup sehat.

  • Makan makanan sehat
  • Rutin joging
  • Pelari marathon
  • Fitness setiap hari
  • Tidak minum alkohol dan merokok

Apakah karena stress? Jawabannya bukan. Berdasarkan analisa, penyebabnya sepertinya karena Ranjan Das punya kebiasaan tidur 4-5 jam.

Berdasarkan paper yang diterbitkan tahun 2006, tidur kurang dari 5 jam semalam meningkatkan serangan jantung 39%. Tidur kurang dari 6 jam semalam meningkatkan serangan jantung 8%.

Apalagi dimana tubuh sering digunakan untuk olahraga, maka waktu tidur yang diperlukan lebih lama untuk memulihkan diri.

Berdasarkan dari sleep.org, Usain Bolt, Venus Williams, Maria Sharapova, and Steve Nash tidur 10 jam setiap malam. Bahkan Roger Federer and LeBron James tidur 12 jam setiap malam.

Dari kisah ini, untuk sementara saya menyimpulkan bahwa kita percuma bergaya hidup sehat, namun kurang tidur.

Selain serangan jantung, banyak penyakit yang ditimbulkan dari kurang tidur dan tidak ada kelebihannya sama sekali.

Efek kurang tidur lainnya adalah mengurangi sel anti-kanker dalam tubuh sebesar 70% dan meningkatkan risiko Alzaimer. Penyakit - penyakit lainnya akibat kurang tidur mungkin akan saya bahas diartikel selanjutnya.


Tulisan ini merupakan bagian dari Tuesday Talk di KMK Online / BBM yang saya presentasikan 06 Februari 2018, untuk slide presentasi lengkap akan saya share kemudian

Berlangganan via Email

Tulisan Terbaru