Review Pascabayar Indosat Ooredoo Paket Freedom Postpaid

Saya menggunakan Indosat dengan produk Mentari untuk nomor prabayar sejak 2003. Sejak saat itu tidak pernah mengganti meskipun Indosat sering ada kendala jaringan lelet ataupun Indosat gangguan / error.

Namun sepertinya sejak dibeli Ooredoo, yang sebelumnya bernama Qatar Telecom, kondisi jaringan internet Indosat yang tadinya lemot, berubah menjadi lebih baik.

Oktober 2017 saya memutuskan untuk membeli paket pascabayar Indosat Ooredoo Freedom Postpaid dengan datang ke Gallery Indosat. Alasannya selain karena jaringan Indosat yang membaik, waktu itu juga mendapatkan gadget keren Xiaomi Redmi Note 4 karena sedang ada promo paket bundling pascabayar Indosat Ooredo.

Syarat untuk membeli Indosat pascabayar paket Freedom Postpaid ada 3 hal:

  1. Kartu Tanda Penduduk / KTP
  2. Komitmen Pemakaian setelah ditambah pajak minimal sebesar 150 ribu per bulan, dipakai atau tidak dipakai. Selama 24 bulan atau 2 tahun.
  3. Pembayarannya per bulan dilakukan dengan kartu kredit. Jika tidak mau pakai kartu kredit bisa bayar lunas untuk pemakaian 24 bulan atau 2 tahun. Berhubung saya tidak suka hutang, saya pilih opsi bayar lunas sebesar 3,3 juta rupiah.

Paket Freedom Postpaid yang saya beli tersebut menurut saya bagus. Saya beli paket untuk yang ukuran paket data 4GB, yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Kuota Utama 4 GB
  • Kuota Malam (01.00 - 06.00) sebesar 15 GB
  • Gratis aplikasi sehari - hari seperti Facebook, Twitter, Path, BBM, Line, WhatsApp, dan Facebook Messenger
  • Kuota 6GB untuk aplikasi sehari - hari seperti Vidio, Youtube, Instagram, Spotify dan Google Maps
  • Bisa Rollover kuota bulan sebelumnya yang belum habis untuk dipakai saat ini.

Untuk memantau penggunaan kuota internet Indosat pascabayar saya menggunakan aplikasi IM3 Ooredoo bernama myIM3.

pascabayar indosat ooredoo logo freedom postpaid IM3 aplikasi myIM3

Kecepatan jaringan internet Indosat Ooredoo juga memuaskan. Di area Jakarta dan Jogja saya sering mendapatkan kualitas jaringan 4G. Saya coba pakai nonton Netflix, Youtube, dan Vidio juga selalu lancar. Saya gunakan Tethering internet untuk menonton Netflix lewat laptop juga lancar.

Sedangkan untuk game dulu ketika menggunakan prabayar dan jaringan 3G, bermain Dota 2 di malam hari lancar pada jam 10 keatas. Di jaringan 4G Indosat Ooredoo saya sendiri belum mencoba untuk testing bermain Dota 2 dibawah jam 10 malam.

Keluhan

Semenjak membeli pascabayar Indosat Ooredoo, nomer cantik pascabayar Indosat saya setiap hari mendapatkan SMS spam yang mengganggu seperti penawaran Kredit Tanpa Agunan (KTA), jasa penutupan kartu kredit, jasa pembukaan kartu kredit, dan sejenisnya. Setiap hari sekitar 5 - 10 SMS.

Setelah saya analisa, ternyata nomor pascabayar Indosat Ooredoo yang saya pakai untuk paket Freedom Postpaid merupakan nomor bekas yang sebelumnya pernah dipakai orang lain. Orang tersebut sepertinya melakukan hutang kartu kredit atau mengambil kredit dari dengan nomor pascabayar Indosat tersebut.

Alhasil orang yang setelahnya pakai nomor pascabayar bekas tersebut seperti saya ini menerima SMS dan telpon terkait kartu kredit.

Saya sudah lapor customer service Indosat mengenai SMS spam sepertinya pihak Indosat Ooredoo tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa memberikan statement bahwa SMS tersebut bukan dari Indosat.

Sebagai solusi agar tidak lebih parah spamnya, untuk saat ini saya tetap menggunakan nomor prabayar saya yang lama sebagai nomor utama dan nomor pascabayar Indosat Ooredoo yang saya miliki saat ini utamanya hanya untuk internetan. Sehingga dengan begitu, saya bisa memastikan bahwa orang yang SMS atau telepon ke nomor pascabayar Indosat saya adalah orang yang menawarkan kartu kredit atau sejenisnya.

Setelah dua tahun, mungkin saya akan ganti nomor Indosat Ooredoo dan memastikan terlebih dahulu nomor yang saya beli bukan nomor telepon bekas.

Tulisan Terbaru