Jenius

gambar logo aplikasi jenius

Sejak Agustus 2016, ada aplikasi bernama Jenius yang dikeluarkan oleh bank BTPN.

Awal - awal dirilis saat ada iklan di perempatan jalan, saya kira itu merupakan aplikasi untuk membantu murid belajar, bimbingan belajar, atau yang tidak jauh dari dunia pendidikan.

Hingga akhir November 2016 pun brand image mengenai dunia pendidikan tetap belum lepas dari saya mengenai aplikasi Jenius tersebut. Apakah salah merek? Nggak tahu, menurut saya sih salah nama.

Jika menggunakan kata Jenius menurut saya jangan masuk ke ruang finansial dan lebih baik menggunakan istilah - istilah dunia finansial.

Secara fitur saya kurang tahu banyak karena saya tidak install.

Namun selama belum menyelesaikan masalah dimana pengguna dapat melakukan transaksi online yang setara kartu kredit hanya dengan kartu debit / ATM, menurut saya tidak belum menutup permasalahan penduduk indonesia yang tidak memiliki kartu kredit.

Octopay dari Bank CIMB Niaga

Saat ini ada layanan Octopay dari bank CIMB Niaga yang memungkinkan transaksi kartu kredit layaknya seperti transaksi debit / ATM.

Berbeda dengan Jenius dimana menggunakan aplikasi canggih di smartphone, Octopay menggunakan facebook apps untuk mengakses fitur - fiturnya.

Namun sayang, fitur tersebut belum juga dapat saya gunakan karena lupa password. Aplikasinya itupun sendiri juga memiliki bug pada menu “forgot password” sehingga saya tidak bisa recovery.

Telpon Customer Service pun juga mereka tidak bisa recovery karena dengan tujuan keamasan, tidak memungkinkan untuk membuat atau reset password dari sisi customer service.

Otomatis saya nggak bisa ngapa - ngapain dengan Octopay. Untuk detail mengenai Octopay, mungkin saya tulis di tulisan yang lain.

Balik lagi soal nama. Menurut saya seandainya Jenius menggunakan nama yang seperti Octopay, misal JeniusPay atau JeniusPayment mungkin lebih menjual. Karena menurut saya nama tersebut mewakilkan service yang ditawarkan.

Begitulah pemikiran random saya kali ini. Saya bukan ahli tentang marketing, namun entah kenapa saya gemes melihat brand image Jenius dilihat dari namanya.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru