Review Pencairan Cek Google Adsense di Bank BCA

Logo Google

Update 2020-02-11: Akun Bank seperti bank BCA dapat dihubungkan dengan Google Adsense sehingga pencairan dana tidak perlu menggunakan cek, tapi bisa langsung transfer ke rekening bank yang dihubungkan.

Cek Google Adsense bisa dicairkan melalui Cek Citibank dan Western Union. Pada tulisan ini akan dijabarkan review saya mengenai proses bank BCA saat saya mencoba mencairkan cek Google Adsense beberapa waktu lalu.

Proses awal untuk pencairan cek adalah datang ke bagian Customer Service. Setelah menunggu beberapa saat, tiba giliran saya di Customer Service. Lalu saya mengatakan ingin melakukan pencairan cek Google Adsense sambil menunjukkan ceknya, tiba - tiba Customer Service yang melayani saya tersebut bicara ke Customer Service di sebelahnya dan bilang kurang lebih seperti ini:

“kayak gini lagi…”.

Tentu saja kata - kata tersebut bikin langsung kepikiran apakah cek Google Adsense tidak bisa dicairkan di BCA, namun anehnya sewaktu saya tanya:

“nggak bisa ya mbak?”

beliau tidak menjawab ya atau tidak dan juga tidak memberikan jawaban terkait kata - kata yang beliau lontarkan kepada rekannya. Beliau menjawab kepada saya bahwa perlu konfirmasi dahulu ke pusat.

Singkat cerita, untuk konfirmasi ke pusat, saya dimintai data seperti KTP, buku tabungan BCA dan mengisi formulir. Lalu ketika seluruh proses akan selesai dan saya tanya berapa biayanya, beliau mengatakan perlu konfirmasi ke atasan dan pergi meninggalkan meja. Tidak lama kemudian, beliau kembali datang dan menyatakan biaya sebesar $10 dan proses pencairan cek dilanjutkan di bagian “teller valuta asing” karena terkait cek dalam bentuk dollar Amerika.

Dalam hati saya sebenarnya bingung, tadi beliau mengatakan perlu konfirmasi ke pusat dahulu, tetapi setelah menemui atasan di kantor cabang BCA tersebut kenapa bisa langsung diproses? Sengaja saya diamkan untuk agar bisa saya amati dan melakukan review.

Setelah sampai di bagian “teller valuta asing” tersebut, saya diminta untuk menunggu beberapa saat karena perlu melakukan cek kurs dollar Amerika. Alasan beliau tidak memakai kurs mata yang tertera adalah untuk mendapat update terbaru. Jadi itu buat apa ya papan kurs mata uang kalau ujung - ujungnya harus telepon. :)

Sebagai satu - satunya customer saat itu, saya berpikir tidak akan menunggu lama.

Lalu setelah menunggu dengan sangat lama kira - kira hampir satu jam dan setelah melihat saya bolak - balik terus ke depan teller, akhirnya saya dipanggil juga.

Saya merasa waktu saya benar - benar terbuang ketika hampir menunggu satu jam hanya untuk menunggu kurs terbaru. Sekali lagi, jadi buat apa papan kurs mata uang yang tertera itu? itu buat apa???

Saat dipanggil, cek saya dinyatakan valid dan proses pencairan memakan waktu 3 - 4 minggu, biaya akan dipotong langsung dari rekening sebesar $10, dan bisa langsung masuk rekening setelah dikonversi ke Rupiah oleh pihak BCA berdasarkan kurs saat tanggal cek telah cair dari Citibank ke BCA.

Selain itu menurut penuturan beliau, ada kemungkinan cek tidak bisa cair, namun bila cair maka akan langsung masuk rekening. Lalu saya tanda tangan dokumen dan akhirnya saya bisa segera pergi meninggalkan BCA.

Namun ada yang menjadi ganjalan besar di hati saya setelah proses untuk pencairan cek tadi selesai, yaitu tadi sewaktu disuruh menunggu hampir satu jam untuk mendapat yang alasannya update kurs terbaru. Ternyata sewaktu beliau menjelaskan kenapa lama, katanya adalah untuk melakukan validasi cek. Jadi mana yang benar nih? Update kurs atau validasi cek? Ada ketidakkonsistenan.

Pusing

Selain itu, jika kurs yang digunakan adalah kurs saat dimana cek telah cari dari Citibank dan BCA, jadi buat apa tadi saya disuruh menunggu dengan alasan menunggu update kurs terbaru? Sekali lagi, itu buat apa???

Bank sekelas BCA ada ketidakkonsistenan dan membuang waktu yang sangat lama telam benar - benar membuat saya tidak nyaman. Cek dengan jumlah tidak terlalu besar saja begini, apalagi untuk ukuran besar.

Kira - kira satu bulan kemudian, cek Google Adsense saya berhasil dicairkan dan masuk ke rekening BCA saya. Total potongan dari BCA dan lain - lain, kira - kira berkurang sekitar 15-an dollar Amerika.

Saran saya untuk mencairkan cek Google Adsense sebaiknya langsung ke Citibank jika memiliki rekening Citibank, jika tidak sebaiknya menggunakan Western Union yang bisa dicairkan di kantor pos.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru