Mini Class Bradley J. Sugars

Akhir bulan Februari 2013 lalu, saya mendapatkan undangan untuk menghadiri mini class dari entrepreneur yang bernama Bradley J. Sugars saat datang ke Jakarta.

Mini class selama kurang lebih 2,5 jam tersebut membahas lebih jauh mengenai buku yang ditulisnya yang berjudul Billionaire in Training. Bahasan Billionaire in Training kurang lebih seputar bisnis, properti dan lima tangga pengusaha. Selain itu Brad Sugars juga membahas mengenai Mind Rich juga bercerita mengenai cerita saat berguru kepada Jim Rohn, filosofi bisnisnya, kepemilikan saham di Apple, dan juga keadaan ekonomi Indonesia.

Berikut ini adalah ringkasan singkat mengenai seminar Brad Sugars tersebut.

5 Tangga pengusaha

Pada bagian ini Brad Sugas menjelaskan lebih lanjut mengenai 5 tangga pengusaha yang telah Brad Sugars tulis di buku Billionaire in Training.

Tangga 0. Karyawan
Saat menjadi karyawan sebisa mungkin yang berkaitan dengan bisnis atau usaha yang ingin kita buka. Sambil digaji, sambil menimba ilmu.

Tangga 1. Self-employed / Wiraswasta
Tugas utama saat membuka bisnis sendiri adalah belajar lagi. Investasikan untuk ilmu atau pengetahuan tentang bisnis. Pada tangga pertama ini banyak yang menyerah dan kembali ke level karyawan. Oleh sebab itu, beliau menyarankan agar jangan cepat menyerah karena tidak ada bisnis yang mudah.

Tangga 2. Manajer
Pada saat berada di tangga ini, biasanya telah memiliki karyawan atau anggota tim.

Tangga 3. Owner
Pada saat berada di tangga ini, bisnis yang telah dapat berjalan sendiri tanpa perlu kehadiran kita.

Tangga 4. Investor
Saat berada di tangga ini, orang tersebut menghasilkan uang dengan menggunakan uang, tetapi dengan modal sendiri.

Tangga 5. Entrepreneur
Saat berada di tangga ini, merupakan tangga dimana orang tersebut menghasilkan uang dengan menggunakan uang orang lain dan waktu orang lain. pake duit orang dan waktu orang lain, agar dapet duit.

Untuk mencapai tangga ke empat dan lima, semua minimal dibutuhkan pengalaman dari tangga pertama hingga ketiga.

Bisnis, Properti, Kepemilikan Saham dan Investasi

Pada bagian ini Bradley Sugars menjelaskan bahwa pelari bagaimana menghasilkan uang dan mengelolanya. Juga memberikan definisi investasi, yaitu nilainya bertumbuh DAN memberikan arus kas / cashflow. Jika tidak mencakup keduanya maka tidak dia sebut sebagai investasi. 

Bisnis
- Gunakan bisnis untuk mendapat pemasukan.
- Saat bisnis ilmu bisnis sudah bagus, lakukan bisnis jual-beli bisnis, krn keuntungan terbesar terletak disitu. Beli bisnis yang tidak terlalu baik, bangun, kemudian jual setelah bagus.

Properti
- Beli rumah untuk ditinggali dan untuk dijual ilmunya sangat berbeda. Harus dipelajari lebih lanjut.
- Lakukan beli - renovasi - jual. Cari rumah yang agak rusak atau orang yang sedang butuh duit.
- lakukan aturan 50:10:1. Cari list 50 properti, cari kandidat 10 terbaik, pilih 3 utk dikontak, dan 1 yg dibeli
- Jangan rakus ama properti.

Kepemilikan saham
- intinya beli saham perusahaan, kemudian saat beberapa tahun kemudian harga saham tersebut naik jual kepemilikan saham tersebut.

Mind Rich

Pada bagian Mind Rich ini Brad Sugars menjelaskan tentang pentingnya mindset karena berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan. Jangan berpikir untuk diri sendiri, namun berpikirlah untuk orang lain. Inti pada bagian Mind Rich ini adalah seberapa besar apa yang bisa dilakukan untuk orang lain. Beberapa poin penting dalam penjelasan bagian ini.
  • The wealth start by building dream. Buat impian besar terlebih dahulu dimana impian tersebut berpengaruh bagi banyak orang. Misal, membuka 50 ribu lapangan pekerjaan.
  • Tulis goal - goal apa saja yang harus dicapai untuk mencapai impian tersebut, kapan goal terjadi, lalu langkah - langkah apa saja yg perlu dibuat dan kapan mau action.
  • Syukuri uang kecil. Jika uang kecil aja tidak bersyukur, buat apa diberi uang besar.
  • Bersyukur terus.
  • Kutipan kesukaan dari Brad Sugars: Never wish life were easier, wish you are better ~ Jim Rohn
  • Baca dan selesaikan 1 judul buku dalam seminggu terus menerus. Karena menurut Brad Sugars, sukses bukan dari seberapa keras kita bekerja, tapi berapa banyak yang kita ketahui.
  • Jika ingin bisnis, segera action sekarang juga. Hidup cuma sekali, belum tentu bisa hidup sampai umur 39 - 40 tahun atau sampai pensiun.
Di akhir Mini Class, Brad Sugars menjelaskan tentang iklim ekonomi dan ekonomi Indonesia. Iklim ekonomi ibarat empat musim yang terus menerus beganti: musim semi - musim panas - musim gugur - musim dingin. Dimana puncaknya berada di "musim panas", saat itu politik stabil dan iklim bisnis serta investasi sangat baik. Indonesia ekonomi saat ini ibarat sedang berada di "musim semi", oleh karena itu, Brad Sugars menekankan jika ingin mulai bisnis inilah waktu yang tepat, sehingga saat memasuki musim panas telah siap.

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru