Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Di Pagi Hari

Gambar air putih dalam botol

Saya mendapat tips ini dari teman kosan saya. Tips turun-temurun dari keluarganya tersebut ternyata sederhana, yaitu setelah bangun tidur, jangan makan dan minum apapun kecuali minum air putih sekitar 1,2cc ato skitar 1 - 1,5 liter.

Kenapa minum air putih?

Usus kita banyak terdapat bulu-bulu halus yang digunakan untuk penyerapan makanan.

Namun sayangnya, setelah melakukan penyerapan, biasanya terdapat sisa-sisa makanan yang menempel pada bulu-bulu halus tersebut.

Dengan minum air yang cukup banyak, maka usus penyerapan kita akan padat atau penuh dengan air sehingga sisa-sisa makanan yang menempel tersebut akan hilang karena terbawa oleh air tersebut.

Namun, jika air yang banyak kita minum adalah bukan air putih, misalnya kopi atau teh, maka akan memberatkan kerja ginjal dan membuat efek samping seperti sulit tidur.

Sedangkan air putih tidak mempunyai efek. Maka dapat disimpulkan, makin banyak minum air putih, malah semakin baik tubuh kita.

Semoga dengan memberi tips ini, Tugas Akhir saya menjadi lancar jaya serta mempesona :)


Berdasarkan tulisan di Kompas, ternyata sangat banyak manfaat dari minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur dimana telah terbukti untuk mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata.

Cara Penerapan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

  • Minum empat gelas air dengan takaran sekitar 160 ml air per gelas setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan kondisi perut kosong.
  • Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
  • Minum air putih 30 menit sebelum makan.
  • Jika tidak bisa minum empat gelas air pada saat perut kosong, maka pada tahap awal bisa dimulai dengan dengan satu gelas atau sebanyak yang dibutuhkan. Lalu secara bertahap dinaikkan hingga mencapai 640ml

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Dan Perut Kosong

1. Membantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Pada malam hari, tubuh memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari akan membantu membersihkan racun berbahaya serta memperbaiki diri sehingga tubuh tetap segar dan sehat. Minum banyak air juga dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

2. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik dan lebih cepat menyerap nutrisi.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, selain melepaskan semua racun, juga ini akan memperbaiki sistem pencernaan. Tubuh akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat untuk makan akan berkurang sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

4. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit maag yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan. Namun, jika minum air putih dengan perut kosong asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung naik.

5. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Dehidrasi menyebabkan keriput dini. Ditemukan dalam sebuah studi bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh semakin banyak mengeluarkan racun yang akan membuat kulit lebih bercahaya.

6. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi bisa berdampak serius pada pertumbuhan rambut. Minum banyak air memberi nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar. Air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut. Asupan air yang tidak mencukupi bisa menyebabkan rambut rapuh dan helai rambut tipis. Minum air putih dengan perut kosong bisa meningkatkan kualitas rambut sampai tingkat yang lebih tinggi.

7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Minum air putih segera setelah bangun sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih karena minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air putih yang diminum (sampai batas yang sehat), semakin terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih pada perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat aman dari berbagai penyakit dan mencegah jatuh sakit.

Foto oleh Miroslav Škopek dari Unsplash

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru